Berpuasa wajib bagi orang yang sehat menjalankannya. Bagi yang berhalangan ada sanksi yang harus dibayar, misal fidiyah. Berpuasa baik untuk kesehatan karena saat tubuh dalam kondisi normal atau saat tak puasa, glukosa yang disimpan dalam hati dan otot menjadi sumber cadangan energi utama. Saat puasa, glukosa ini diambil sebagai energi utama. Jika glukosa habis, tubuh akan mengambil lemak sebagai bahan bakar. Dengan demikian maka akan terjadi pengurangan lemak dalam tubuh dan ini bagus bagi orang yang ingin berdiet. Yuk simak 12 Tips Tetap Bugar Selama Bulan Ramadhan bagi penyandang Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, asma, dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), yaitu :

" />
Dinas Kesehatan Kota Palembang
   MARI TINGKATKAN ASUPAN GIZI SEIMBANG UNTUK MENCEGAH MASALAH GIZI DAN KESEHATAN   SAATNYA BERAKSI "CERDIK" : CEK KESEHATAN SECARA RUTIN, ENYAHKAN ASAP ROKOK, RAJIN AKTIVITAS FISIK, DIET SEIMBANG, ISTIRAHAT CUKUP, KELOLA STRESS   MARI BERSAMA SUKSESKAN "GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS)" DAN "KELUARGA SEHAT"  
Bahasa
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
 
Telepon Penting
Kebakaran113, 312011
Ambulans118
Polisi110
SAR355111
RSMH354088
 
Jajak Pendapat
Bagaimana pendapat anda tentang pelayanan Puskesmas di kota Palembang saat ini ?
Baik
Cukup
Kurang Baik
 
 
Pengunjung
Tahun ini26367
Bulan ini2103
Hari ini56
Online1
325687
Sejak : 03/11/2009
 

Kementerian Kesehatan

Pemerintah Kota Palembang

Republik Indonesia

Kementerian Komunikasi & Informatika RI

Kementerian Dalam Negeri RI

Bappenas Republik Indonesia

Visit Indonesia

Provinsi Sumatera Selatan

Beranda > Berita > Info Sehat

12 Tips Tetap Bugar Selama Ramadhan

07/06/2016 09:26:25 WIBOleh : Admin Dinas Kesehatan

Berpuasa wajib bagi orang yang sehat menjalankannya. Bagi yang berhalangan ada sanksi yang harus dibayar, misal fidiyah. Berpuasa baik untuk kesehatan karena saat tubuh dalam kondisi normal atau saat tak puasa, glukosa yang disimpan dalam hati dan otot menjadi sumber cadangan energi utama. Saat puasa, glukosa ini diambil sebagai energi utama. Jika glukosa habis, tubuh akan mengambil lemak sebagai bahan bakar. Dengan demikian maka akan terjadi pengurangan lemak dalam tubuh dan ini bagus bagi orang yang ingin berdiet. Yuk simak 12 Tips Tetap Bugar Selama Bulan Ramadhan bagi penyandang Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, asma, dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), yaitu :

1. Berbuka puasa dengan air putih dan makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain.
2. Setiap kali berbuka puasa dan sahur, hidangan minimal harus ada salah satu jenis yang berasal dari 4 kelompok makanan, yaitu: Makanan Pokok (beras, jagung, roti, ubi, dll), Lauk-Pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, dll), Sayur (semua jenis sayur-sayuran), dan Buah (semua jenis buah-buahan).
Khusus untuk buah, makan 1 kali (1 porsi) lagi setelah shalat tarawih atau menjelang tidur. Hindari merokok saat berbuka/waktu puasa dan waktu sahur.
3. Hindari makan makanan terlalu asin setiap hari, baik pada saat berbuka puasa maupun sahur.
4. Hindari makan makanan tinggi lemak setiap hari, baik pada saat berbuka puasa maupun sahur.
5. Perbanyak minum air putih 8 – 10 gelas mulai buka puasa sampai waktu sahur.
6 Asap rokok membahayakan diri anda dan orang-orang sekitar anda, hentikan merokok sekarang juga. Bulan Puasa merupakan saat yang tepat untuk berhenti merokok, sehingga pada bulan-bulan berikutnya akan lebih mudah meninggalkan perilaku tersebut.
7. Lakukan aktivitas fisik yang memungkinkan.
8. Tidak minum minuman beralkohol.
9. Atasi stres antara lain dengan memperdalam agama dan memperbanyak ibadah.
10. Kontrol tekanan darah secara rutin bagi penderita hipertensi, kontrol gula darah secara teratur bagi penyandang Diabetes, dan kontrol secara rutin untuk penyakit tidak menular lainnya.
11. Kenali tanda-tanda penyakit, baik hipertensi, hipoglikemi dan gejala penyakit tidak menular lainnya. Kenali juga tanda-tanda kegawatdaruratan penyakit tidak menular yang mungkin terjadi.
12. Bila diperlukan obat-obatan seperti untuk Hipertensi, Diabetes, Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) sesuaikan jadwal minum obat selama bulan puasa, misalnya saat berbuka puasa, sebelum tidur dan sahur, serta minum secara teratur sesuai anjuran dokter/petugas kesehatan. 

Dan, bila ditemukan kelainan selama berpuasa, harap diskusikan dengan dokter atau petugas kesehatan anda.

#dikutip dari jaringan.com#


Share

Berita Lainnya

Komentar
Kirim Komentar
Nama:
E-Mail:
Komentar:
   
Masukan kode pada gambar di atas:
  
Komentar terbaru (Belum ada komentar yang masuk)
Waktu Palembang
 
Jadwal Sholat
Palembang
Imsak04:32 WIB
Subuh04:42 WIB
Syuruq06:03 WIB
Dzuhur12:03 WIB
Ashar15:28 WIB
Maghrib18:02 WIB
Isya19:16 WIB
2°59'LS, 104°47'BT
Ketinggian : 10 m
Arah kiblat : 65°27' (U-B)
 
Kalender
JUNI 2018
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
             
 

KTR

Pemerintah Kota Palembang   Republik Indonesia   Kementerian Komunikasi & Informatika RI   Visit Indonesia   Provinsi Sumatera Selatan   Kementerian Kesehatan  

© 2006 - 2009 Pemerintah Kota Palembang